Pentingnya mempelajari Bahasa Indonesia



Tema              : Pentingnya mempelajari Bahasa Indonesia

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya  akan budaya, adat-istiadat, dan suku. Ini menyebabkan munculnya berbagai bahasa daerah yang melekat kuat pada daerahnya masing-masing. Ketika dua suku atau lebih dipertemukan, mungkin saja akan terjadi kesalahpahaman dan bahkan sulit untuk berkomunikasi. Akibatnya persatuan diantara warga Indonesia menjadi kurang erat dan Negara akan sulit berkembang. Salah satu cara untuk mempersatukannya adalah dengan adanya bahasa Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, walaupun kita berbeda suku dan bahasa daerah, kita tetap dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itulah, bahasa Indonesia dijadikan alat pemersatu bangsa Indonesia.
Bahasa Indonesia ini juga merupakan identitas Nasional negara Indonesia. Hal ini dibuktikan dalam isi Sumpah Pemuda yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasanya, yaitu “..Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa pemersatu, bahasa Indonesia...”. Dengan melihat perjuangan bangsa Indonesia dalam Sumpah Pemuda tersebut, seharusnya kita bangga dan selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Bahasa ini sudah resmi menjadi bahasa bangsa Indonesia dan menjadi ciri khas warga Indonesia di dunia Internasional.
Di dalam bahasa Indonesia dipelajari berbagai kaidah dan tata cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara tertulis maupun secara lisan. Salah satu pembelajaran dalam bahasa Indonesia, yaitu mengenai penalaran dan cara penulisan karya tulis ilmiah. Jika seseorang akan membuat sebuah tesis atau karya tulis lainnya, maka ia dapat mengaplikasikan pembelajaran ini. Sehingga hasil yang didapat akan sesuai dengan kaidah yang berlaku dan kita dapat mengetahui perbedaan diantara karya tulis yang formal dan nonformal.  Selain itu, dipelajari juga berbagai jenis kata dan kalimat yang benar untuk diaplikasikan ke dalam sebuah karya.
Bahasa Indonesia secara lisan juga adalah penting diperhatikan, karena sikap dan watak seseorang dapat terlihat dari bagaimana cara ia berbicara dan menggunakan bahasanya. Seperti sebuah pepatah, “pangsa menunjukkan bangsa, umpama durian”, artinya kita bisa melihat perangai seseorang melalui tutur katanya. Tutur kata yang baik akan memberikan dampak dan kesan yang baik pula, namun jika tutur kata seseorang tidak sesuai dengan kaidahnya, maka yang terkesan oleh orang yang mendengarnya adalah tidak baik pula. Dalam berinteraksi dengan sesama baik secara lisan ataupun tidak, pembelajaran bahasa Indonesia ini sangat penting. Dan salah satu manfaatnya tersirat dari peribahasa “Kalau dipanggil dia menyahut, kalau dilihat dia bersua”, artinya bisa menyampaikan maksud dengan cara yang tepat, sehingga seseorang yang menerimanya akan mudah memahami. Pada dasarnya, bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi.
Fungsi dari mempelajari bahasa Indonesia sangat banyak, selain sebagai pemersatu bangsa, bahasa nasional, dan alat komunikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, juga dapat dijadikan sebagai bahasa kebanggan Negara Indonesia dan alat pengantar ke dunia pendidikan. Berbagai aplikasi dituangkan dengan bahasa Indonesia. Persatuan juga akan dicapai dengan sebuah kebersamaan, yaitu salah satuya berbahasa satu Indonesia. Oleh sebab itulah, bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari oleh kalangan apapun.

Komentar

Postingan Populer